Laman

Selasa, 14 September 2010

Istana Dewa Pulau Dewata


Istana Dewa Pulau Dewata, makna puri Bali abad ke 14-19. Buku yang ditulis Dr. Agus Aris Munandar ini telah menyelamatkan aku dari ketidaktahuan tentang sebuah puri. Banyak hal yang aku kira disebut A berfungsi sebagai B. Ternyata salah semua.

Tanpa buku ini, pasti Novel AYU Manda akan kehilangan kekuatannya, karena settingnya jadi sangat lemah. Buku yang ditulis dosen antropologi Universitas Indonesia ini, menjelaskan tentang berbagai tempat di sebuah puri lengkap dengan fungsi dan filosofinya. Sebuah buku yang komprehensif, di tengah langkanya buku buku tentang aristektur Bali yang beredar di pasaran buku. Sangat ironi, sebuah kebudayaan besar seperti Bali masih saja, pola pewarisannya pada generasi muda berlangsung secara lisan.
Pengalamanku keluar masuk puri, semakin diperkuat dengan apa yang dijelaskan dalam buku ini. Membuat aku memiliki panggung yang lebih kompleks buat para tokoh di novel Ayu Manda. Sehingga mereka bisa leluasa “bermain” dengan latar belakang sosial masing masing secara lebih lengkap.
Suatu saat aku ingin bertemu dengan penulisnya, sehingga bisa lebih banyak berbincang bincang, seberapa berperannya bukunya terhadap novelku.

Buku ini diterbitkan oleh Komunitas Bambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar